Persamaan Nilai Uang dan Waktu

26361-1

Dalam konsep slipstream semakin cepat suatu objek bergerak, semakin lamban progress waktu berjalan pada objek tersebut. Analoginya seperti ini. Kalau dua orang menyedot jus sama banyak, dengan kecepatan berbeda maka akan lebih cepat habis yang lebih cepat menyedotnya. Sementara yang masih menyedot masih sisa setengah, satu lagi telah membayar jus dan naik mobil meluncur pulang. Karena waktu berjalan lambat–waktu tersisa banyak untuknya.

Mungkin bagi penggemar film Marvel disini, ada yang tahu Quick Silver? Di film x-men? Ya dia memakan waktu singkat sekali untukl menolong orang-orang ketika Xavier School terbakar. Lihat bagaimana belum ada yang berkedip dia telah menolong semuanya? Dan bagaimana tiba-tiba waktu seolah berhenti. Atau disini–menjadi sangat lambat. Ia punya sisa waktu sangat banyak untuk meminum fresh drick dan memindahkan akuarium, atau bahkan sekedar mengganggu orang yang akan berciuman. Di saat bersamaan, bara api menjalar dari ujung koridor melalap habis semua bagian gedung. Namun Quick Silver tampak sambil santai kesana-kemari.

GANTI NILAI TUKAR BARANG ANDA DENGAN SATUAN WAKTU

waktu-adalah-uang

So, gini. Bayangkan harga mobil maupun perabotan anda adalah jam, menit, dan sekon. Seberapa banyak jam atau waktu yang musti dibayarkan? Daripada meningkatkan kualitas mobil jazz honda anda bisa digfanti dengan mobil kijang yang lebih murah. Atau handphone apple anda diganti dengan handphone merk lain yang lower cost. Ipod diganti mp3 biasa. Namun, apapula hubungan itu semua dengan waktu?

Bayangkan, nominal 3000.000 seribu sama dengan sejam. Ada berapa jam yang harus anda bayar demi barang senilai 3 juta tadi? Ada 3000 JAM! ASTAGA. Berapa hari waktu kita terbuang? Untuk banting-tulang demi melunasi cicilan mobil, rumah, dan handphone. Perhari 24 jam, 3000 jam dibagi 24. Berapa harikah anda kehilangan quality-time bersama keluarga? 126 HARI! Ya ampun, perbulan 30 hari. Oke setidaknya nyaris 5 bulan, ya. Bukan waktu yang singkat hanya untuk, menyadari, betapa anda tidak bahagia. Dan mulai merindukan kebersamaan dan waktu santai anda.

Maksud saya, itulah kira-kira mengapa waktu disamakan dengan uang. Time is Money. Banyak waktu terbuang? Begitu pula uang kita. Memang kadang kita butuh goncangan untuk memulai lives your dream, or do what you love, and love what you do. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s