Indonesia Reader Festival 2013

IMG_7725Hallo guys. Akhirnya setelah sekian lama.. waw.. hampir lima bulan lewat, baru sempat melaporkan kegiatan spektakulerku di tahun 2013. Yeah! Festival Pembaca Indonesia dengan tema HARMONI DUNIA MEMBACA. Diselenggarakan oleh Goodreads Indonesia. So, ceritanya aku sudah lama jadi member goodreads. Tapi baru SMA ini bisa benar-benar involved jadi relawan dan ketemu member lainnya.

UH-OH.. sempat minder juga karena aku yang paling muda di situ usianya. -_- tapi untungnya kakaknya pada baik. Jadi bawa enjoy aja lahya!

Yap. Setelah pertemuan beberapa kali untuk rapat persiapan salah satu acara di Festival Pembaca Indonesia ini. Kami akhirnya berkumpul pada tanggal 7 Desember 2013 di Museum Bank Mandiri. Keren deh, guys. Museum yang mulannya terkesan serem dan agak angker karena arsitektur Belandanya yang tua dan angkuh. Berubah jadi ceriaa setelah didekor oleh kakak-kakak panitia pusat/ PJ Perlengkapan.

Suasana pojok Anak

Suasana pojok Anak

Hahah… sementara aku hanya panitia di acara kecil. Tapi keren looh… acara kami disebut Amazing Race. Denger kata itu pasti tahu kan??? Kalo yang udah pernah nonton acaranya di TV NBC.. Race=> ya pasti balapan. Tapi yang beda dari balapan ini adalah kami mengangkat tema MEMBACA dengan mengetes wawasan peserta. Semakin luas wawasannya ia semakin cepat tiba di POS TERAKHIR.

INI DIA GUYS.. yang belom pernah ikut jadi peserta.. yang sudah pasti berbusa-busa menceritakan pengalamannya ke teman-teman lain. “Ngeselin banget, Bray! Capek dan bikin geregetan!” Yap kira-kira itu kebanyakan komentar dan kesan pesan para peserta. Hehehe.. selamat menerjemahkan Petunjuk GRI Amazing Race yang terdapat di buku panduan Festival:

 

Petunjuk GRI AMAZING RACE
Pos 1 >> berada di antara berbagai koleksi di ruang pameran Museum Bank Mandiri
Pos 2>> kami sedang menikmati udara segar di luar sembari melihat anak-anak bermain
Pos 3>> kami sedang bersembunyi di antara brankas-brankas kuno Museum Bank Mandiri, ayo cari kami😀 (haha ini tempat sayaa)
Pos 4>> sedang bersenang-senang di area yang khusus disiapkan untuk pembaca cilik
Pos 5>> kami duduk sembari memandang kaca patri yang indah di Museum Bank Mandiri

Nah di pos 1 peserta harus daftar di meja registrasi, dan mendapat buku panduan Harmoni Dunia Membaca. Ditambah kertas karton bertuliskan format table Keterangan Waktu Tiba, Teka-teki yang Harus dijawab, dan paraf panitia yang hanya diparaf apabila si peserta berhasil menjawab semuaaa teka-teki yang dilontarkan.

Aku mendapat tugas membuat teka-teki di Pos 3. Dengan kolaborasi bersama Kak Fahmi.., Kak Fahmi yang mengoreksi dan mengeprint. Aku yang mengetik dan mendesign di Ms. Wordnya. Yaitu menebak nama penulis lewat foto dan kata kunci berupa isi buku karya mereka. Nih.. guys kalau kalian merasa wawasan kalian luas. Pasti tahu yah.. orang-orang ini. ada 8 nama penulis, 4 penulis luar negri dan 4 penulis Indonesia. Semuanya terkenal koqs…

TEBAK WAJAH PENULIS TEBAK WAJAH PENULIS2

OHYES! Aku hampir lupa.. ini perjuangan banget guys… liat kaos merah yang aku pakai?

Me with my Mum who accompanied me anywhere i went to.. any event i got to

Me with my Mum who accompanied me anywhere i went to.. any event i got to

Mulai dari design sendiri sampai cari tukang sablon digital biar bisa cepet, semua itu tugasku. Cari yang murah padahal pesenanku gak sampai selusin. Belum lagi ngumpulin pitih dari teman-teman panitia. Biar gak rempong transfer aja deh..

Pagi-pagi sebelum festival dibuka (Jam 10:00) aku datang jam 8 pagi. Menenteng-nenteng tas berisi kaos-kaos teman-teman panitia. Di gerbang Museum Bank Mandiri ketemu Kak Andra, fyuuh.. berkurang satu kaos.

****

Di Pos 3 aku dapet temen baru, yang pasti udah pada tuek ya.. bukan remaja lagi. Mungkin umur mereka sekitar 20an.. namanya Kak Yudi dan Kak…… Kelompok pertama yang tiba adalah dua women yang cantik khas china. “Maaf… ini pos Amazing Race bukan?” Tanya mereka. Kak Yudi dengan sigap, (sambil ngunyah karena kelamaan nunggu akhirnya kelaparan dan mulai tergoda sama nasi kotak yang diantar kak Endang) meminta kartu mereka untuk diisi “Kak…, jangan lupa! Itu gambar foto penulisnya jangan dibawa peserta. Jawaban jangan ditulis disitu karena nanti buat ditunjukin ke perta lain!” Bisikku. Kak Yudi manggut-manggut. “Sip.. sip..!”

Tidak sampai 15 menit dua cewek china tadi sudah kembali dengan jawaban lengkap di balik kartu Amazing Race mereka. Mereka tertawa tergelak…, “Ahh? Bener semua?! Hahaha! Berarti selera penulis kita tua dong, yaah.. ini kan banyak penulis lawas dan legendaries..,” aku terkekeh. Walaupun sedikit kecewa karena ternyata kurang susah. Hmm.. menunggu kelompok berikutnya.. kak Yudi bergumam, “Sial! Harusnya tadi kita minta foto bareng ya?” T_T

Lama juga ya… sepertinya mereka pada stuck baru di pos kedua. Apaan sih, teka-teki di pos kedua. Jangan susah-susah dooong.. ini kami yang bête nungguin.. mana orang-orang yang dateng menghampiri ternyata bukan peserta Amazing Race. Malah nanya: “Maaf.. numpang nanya.. musola disebelah mana ya?” sampai ada mungkin ratusan kali (lebay) orang dateng nanya musola di mana. Akhirnya Kak Sufi setiap ada orang menghampiri, langsung berdiri dan menunjukkan arah jalan ke musola (bahkan meski orang yang menghampiri itu belum bertanya apa-apa). “Yak.. dari sini liat ada pintu kecil itu kan? Masuk ke ruangan itu yang banyak patungnya itu loh, pak. Ada jeruji-jeruji.. dari situ lurus aja nanti ada papan penunjuk musola,” Kak Sufi sampai mendapat julukan Penunggu Musola. wkwkwk…

Pos 2 itu kalau tidak salah Kak Rula, Kak Andra dan Kak Fahmi. Iya, teka-teki yang harus dijawab di sana adalah MENEMUKAN Judul Buku dan Nama Penulis di antara huruf dalam kotak-kotak excel buatan Kak Rula. Find Words.

Me with Kak Ulfa

Me with Kak Ulfa

Kak Ulfah mengirim SMS, katanya Kak Rani teman yang jaga di POS kaca Patri, pulang duluan. Katanya ada acara di kampus UI. (memang kuliahnya disitu, kok). So, aku menemani Kak Ulfah. Usai solat zuhur aku bergegas ke tempat kaca patri tersebut. Begitu menaiki tangga dan hampir tiba di lantai berikutnya, sudah tampak meja dan tiga kursi di sekelilingnya. Ada camilan di atas meja dan potongan kertas menumpuk. Kak Ulfah tengah menulis entah apa. Hohoho.. rupanya teka-teki paling merepotkan ada di pos ini!

Setiap kelompok harus bisa menebak judul buku yang DIPERAGAKAN oleh

Di depan kaca Patri

Di depan kaca Patri

salah-satu anggota kelompok. Disediakan tumpukan gulungan kertas di dalam gelas plastik. Salah satu anggota maju untuk mengambil kertas tersebut. Orang yang mengambil dan memperagakkan harus orang yang sama! Ya! Kalau tidak namanya curang, dong…Nah, ada salah satu kelompok. Dia termasuk kelompok yang belakangan datang. Dua orang di kelompok itu rusuuh sekali. Memang hanya dua orang anggota. Satu orang, mungkin usianya sekitar 30an, kepalanya botak, tubuhnya tinggi besar, matanya sipit, dan berbicara… persis seperti perempuan. Teman perempuannya terlihat jengkel sekali karena dia keburu mengambil kertas undian… dan mendapat jatah memperagakkan. Padahal teman cowoknya yang lenjeh itu tampak tidak cocok ikut GRI Amazing Race. Ayolah.. baru dua judul pertama saja dia sudah keteteran. Orang ini jelas sekali tidak doyan membaca. Mungkin teman perempuan inilah yang mengajaknya ikut. Celakanya yang tidak suka membaca malah kebagian menebak.

Yah… rasakan sendiri! >__< yang paling parah, ketika menebak judul buku “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk.” Harusnya semua orang, yah.. menurut aku sih, walaupun tidak suka membaca, tapi filmnya lagi booming karena coming soon ke bioskop. Di subway menuju stasiun Kota saja bertebaran Spanduk X-Bannernya. Teman perempuannya menutup hidung, mulutnya menggelembung, dan berlagak kelelep. Kemudian ia menggerakkan tangan kanannya seperti ombak, dan kedua jari telunjuknya menggambar di udara bentuk kapal. Yang sayangnya sama sekali tidak ditangkap oleh si cowok.

“Ah.. kakak.. kasih tau aja deh, kak.. aku gak tau sumpah! Aku gak ngertiii!!” Ia berujar memohon pada aku dan Kak Ulfah. Kak Ulfah tertawa menyeringai. “Ya engga bolehlah.. nanti didiskualifikasi, dong!”

Oke, dengan cara paling tidaaak efisien yang pernah kulihat, perempuan itu akhirnya memberitahukan huruf demi huruf. Karena syarat permainannya adalah TIDAK BOLEH BERSUARA SAMA SEKALI. Si perempuan batak itu mengacungkan jari-jemari tangannya. Misal, LIMA JARI berarti…, A-B-C-D-E. berarti huruf E. rempong banget gak sih??? :v “Apaan nih, bacaannya?

Tenggelamnya Kapal Vanderwi-?” Cowok lenjeh tadi masih juga BINGUNG?! Teman perempuannya menepok jidat. “Ahh.. itu..itu…! kayaknya aku sering denger deh..,” Ujar si cowok mengetuk-etuk jari telunjuknya di dagu. (centil amat sumpah, :P) “Kan kita liat di stasiun Kota!! ADUHH MASA’ LO LUPA SIH?!” si cewek tak tahan akhirnya bersuara juga.

“AH IYA! VAN DER.. WIJK.. Bahasa belanda, yah?” GUBRAK.. setelah penantian sekian lama..
****
Ada lagi.. kelompok yang anggotanya anak-anak SMP. Tiga orang.. mungkin kelas 2 SMP. Satu cowok, dua cewek. Mereka terlihat teler, menebak judul The Nanny’s Diary. Salah satu anak cewek memperagakan kegiatan seorang pembantu. Jidatnya keringetan, kasian juga ngeliatnya.. dia memperagakan orang mengepel.. menyikat..mencuci. lantas bergaya membuka-buka buku dan memasang wajah galau sambil menggerak-gerak tangannya seperti orang menulis. “Pembantu!! Pembantu!!” Teriak si cowok..

“Ehm..ehm.!” gumam si cewek sambil geleng-geleng.

“Bahasa Inggris, yah?” Tanya seorang cewek lagi. “Ehm..ehm!” manggut-manggut. “Nanny! Nanny! Bahasa inggris pembantu..!” si Cowok mengacungkan jari, tampak terlalu bersemangat.

Dan… seterusnya.. sampai mereka berhasil menebak. Aku salut dengan mereka. Yah, mungkin mereka adalah peserta dengan usia termuda hari ini. tak sabar menunggu tanggal 8 Desember. sampai berjumpa lagi di postinganku berikutnya!>:D

Take a photos together.. COMPLETE ONE TEAM GRI AMAZING RACE

Take a photo together.. COMPLETE ONE TEAM GRI AMAZING RACE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s