Laporan Pengamatan Tingkat Ekosistem

IMG_8441

Ada tiga ekosistem yang menjadi subject pengamatan kali ini. Hehe, kalo gue sih bikin asyik aja bukan format laporan biasa yang pake docs. Gue cari foto-foto masing-masing ekosistem minimal satu, trus gue print dan gue tempel di buku catatan Biologi. jadinya begitu deeh kayak yang di atas.

Subject Pertama! Hutan Hujan Tropis:

IMG_8434

Karena hasil search google yang paling sreg nemunya Burung Rangkong sama Orang Utan sumatera. yodah, gue bahas yang itu aja ya.. di foto pertama yang gue tempel di atas burung rangkong yang lagi nangkring di atas pohon. Yang di foto bawah orang utan lagi “nangkring” juga –__–.

BURUNG RANGKONG atau sering disebut juga ENGGANG.. sejenis burung yang mempunyai paruh

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

yang bentuknya mirip tanduk sapi. Nama ilmiahnya, Buceros artinya “tanduk sapi” dalam bahasa Yunani. Biasanya warnanya terang dan yang gue print fotonya warna orange ngejreng. kayak gini nih.. lebih jelasnya.. burung ini makanan utamanya buah-buahan lho! Tapi dia juga food combining, mengcombine dengan kelelawar, tikus, ular dan berbagai jenis serangga.

Nah, rangkong yang paling banyak tersebar di Indonesia adalah Rangkong Papan. Warna paruhnya Kuning-Hitam, bukan orange lho..! Burung rangkong ini juga tipikal hewan setia dengan pasangannya, tipe Monogami atau hanya berpasanga dengan Satu lawan jenis. Kita juga bisa membedakan dengan mudah jantan dan betina kusus spesies Rangkong Papan, kalo Jantan matanya warna merah, sedangkan Betina matanya warna biru. Pasti cuantik banget ya.. >__^ sayangnya..status konservasi burung rangkong Hampir Terancam akibat penangkapan liar dan hilangnya habitat hutan. ckckck lagi-lagi sama kayak Diterocarpaceae (jenis pepohonan di hutan tropis Indonesia, atau meranti-merantian).

605px-Man_of_the_woodskita lanjut ke… Orang Utan Sumatera (Pongo abelii) adalah spesies orangutan terlangka!! hidup dan endemik terhadap Sumatera. (Endemik itu maksudnya hanya ada di satu wilayah tertentu) Orang utan Sumatera lebih kecil daripada Orangutan Kalimantan. wahaha.. baru tahu juga nih, gue. Dibandingkan Orangutan Kalimantan, orangutan Sumatra lebih menyukai buah-buahan dan terutama juga serangga. Mirip sama si Rangkong yah? Orangutan Sumatera juga lebih pinter daripada Kalimantan. Ada satu fakta menyebutkan, Orang Utan Sumatera makan  menggunakan alat. Seekor orangutan mematahkan cabang pohon yang panjangnya sekitar satu kaki, menyingkirkan ranting-rantingnya dan mengasah ujungnya. Lalu ia menggunakan batang itu untuk mencungkil lubang pohon untuk mencari rayap. Sementara peristiwa tersebut belum ditemukan dari pengamatan terhadap Orang Utan Kalimantan. Sayang sekali lagi-lagi status konservasinya sangaat mengenaskan! lebih parah dari burung Rangkong.. statusnya adalah KRITIS! Dua tingkat lebih mending di bawah Extinct (Punah).

Nah.. sekian sedikit fauna yang gue temukan dari hasil pengamatan “foto” ekosistem Hutan Hujan.

Subject kedua, Savana Afrika:

IMG_8438

Swallaa! Lihatlah foto yang gue print dan gue tempel di atas. dan gue lingkar-lingkarin pake spidol. gue lingkarin ke kerumunan item-item yang ternyata kalo di zoom-in adalah sekawanan Wildebeest/bison dan zebra. Dan floranya adalah pohon AKASIA. Pohon yang paling banyak tumbuh di savana Afrika. Sementara floa lain adalah semak/rumput/perdu. yang gaya-gaya gersang ala tandus Amerika jaman cowboy gitu deh… pertama kita bahas dulu deh.. apa itu Savana? yang sering kita bacajadi SABANA. Ketuker-tuker dah sama Ayam Sabana. Sabana, merupakan padang rumput yang diselingi oleh pepohonan baik besar maupun kecil (semak). Jenis rumputnya biasanya rumput-rumput tinggi, yang bisa dipake macan atau singa betina buat ngumpet sambil ancang-ancang mau nerkam zebra. ya kaan?? Ada dua tipe savana–>

  1. Hutan Savana, apabila pohon yang mendominasi.
  2. Savana Padang Rumput, apabila pohon tidak Dominan.

Sekarang kita bahas Faunanya yukk.. yang umum yaa paing-paling zebra, bison, jerapah, gajah, kerbau. Coba kita bahas bison atau Blue_Wildebeest,_Ngorongoronama kerennya Wildebeest: diambil dari bahasa Belanda yang artinya “Binatang Buas” atau “Sapi Liar”. dalam bahasa Afrika (beest=sapi). Di Afrika Timur wildebeest hewan besar yang puaaaliiing berlimpah. Wildebeest terbagi menjadi dua spesies Wildebeest Hitam dan Biru. Yang asli dari Afrika ya, yang hitam. sejujurnya gue belom pernah liat yang Biru. hmm??  Wildebeest merupakan keluarga Bovidae  yang mencakup antelop, sapi, kambing dan ungulates bertanduk. houhou..  Wildebeest itu si “antelop” itu looh. Gue kasih tau ya beberapa  Fakta menarik Wildebeest:

  • Wildebeest dapat hidup sampai 40 tahun walaupun rata-rata mereka adalah sekitar 20 tahun
  • Wildebeest yang mirip sapi Indonesia juga disebut GNU (bukan singkatan kok) adalah ANTELOP dari genus Connochaetes berasal dari kata Yunani “KONNOS” yaitu jenggot, “KHAITE” yaitu rambut yang terurai.
  • Kamus bahasa inggris-Indonesia menerjemahkan “Wildebeest” sebagai “Rusa Kutub”. Nah lhoh?  ._.
  • Perbedaan Wildebeest biru dan hitam adalah tanduknya! Tanduk si Biru lebih ke melengkung ke samping. sementara si Hitam melengkung ke Depan dulu baru ke Samping.  nah yang di atas itu si Biru. (gue kira awalnya warna bulunya emang biru. taunya gak ada biru2nya sama sekali).

Pembahasa ekosistem di Savana sudah.. next to.. DESSERT. Not dessert makanan pencuci mulut melainkan gurun pasir, I MEAN DESERT..

IMG_8446 Bisa dilihat dari foto di atas gue spidolin pake warna pink tanaman di gurun pasir. Apa aja sih? As you know.. as you often heard.. Kaktus dan rumput-rumput cokelat menambah kesa gersang. TERNYATA rumput-rumputan yang ada di gurun pasir bukan sembarang rumput. Jenis-jenis rumput yang tangguh, begitu sih kata si Wiki.. jenis-jenisnya ada.. Eucalyptus, Triodia Basedowi, Acacia Ameura. Jenis Eucalyptus ini tidak butuh persyaratan tinggi terhadap tanah tempat dia tumbuh. Maksudnya so simple so fun kali ya.. dia juga akan selalu hijau selama ada cahaya. Ada lagi namanya Hutan Eucalyptus di Australia Barat Daya, di Hutan Eucalyptus ini sangat sering terjadi kebakaran. Pohon-pohon di hutan Eucalyptus biasanya rendah dan berdahan banyak serta diselingi semak belukar. TAPIII! Kalau dalam sepuluh tahun terjadi kebarannya lebih dari sekali, semak belukar ini berubah menjadi rumput-rumput tandus.  Ini salah satu foto pohon Eucalyptus yang baru terbakar di Australia.. di hutan Eucalyptus juga terdapat banyak pohon Acacia Ameura.. disebutnya Akasia. Gak seribet nama latinnya.

Mallee

–> subhanallah.. di Indonesia lagi dingin-dinginnya karena kelebihan aer smpe banjir TUJUH METER. Sementara di Australia lagi panas-panasnya. Kabar terakhir sih, akibat perubahan cuaca yang ekstrem ini terjadi angin siklon yang bisa menyebabkan bencana serius. 2013 lalu sempat heboh angin Siklon Tropis Narelle. Indonesia terkena Hujan Deras dan Angin Kencang. Penyebab angin siklon adalah suhu laut yang hangat membuat laut menguap lebih sering sehingga terbentuk awan Badai. hoho… kerennn ya. Hubunganya dengan kebakaran di Australia apa? YA! Australia sangaat panass, daratan maupun perairannya. Peningkatan suhu serta hembusan angin keringlah peningkat kebakaran. Sementara itu perairan Aussie menguap dan berhembus ke Indonesia yang lagi adem ayem. AND WOOSH! Badai kencang menyusul..

OKESIP kita pindah ke bagian fauna di gurun pasir. haduh, maaf ya saya jadi kemana-mana.. <:(

Sekarang kita bahas kalajengking gurun: Habitat asli dari kalajengking adalah di gurun pasir. Oleh karena itu mereka sudah terlatih untuk dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum sampai berbulan-bulan.

Ada lebih dari 2,000 spesies kalajengking berbeda di bumi ini. Ekor kalajengking memiliki alat penyengat dengan kelenjar racun di dalamnya. 40 sampai 50 spesies diantaranya bahkan memiliki racun yang mampu untuk membunuh seorang manusia. Kalajengking berasal dari keluarga laba-laba, ia juga merupakan hewan nocturnal seperti burung hantu. Weits, tungguKalajengking dulu.. hewan nocturnal itu apa ya?? Coba tebak sendiri, pastinya hewan malam lah ya! Hewan gaul gitu pagi teler malem nongkrong #eh jadi kayak manusia. hal ini dilakukan karena untuk  menghindari pemangsa yang akan siap menyantap mereka. umumnya serangga penyengat ini memiliki panjang sekitar 2.5 sampai 20 sentimeter. kecil-kecil banget ya?? ini beberapa fakta menarik tentang kalajengking!! >>
  • Setelah kawin, kalajengking betina akan menjadi agresif dan mulai memakan pasangannya. Mereka bahkan akan memakan anak-anaknya bila merasa kelaparan. Saungguh wanita yang kejam!
  • Kulit kalajengking memiliki bahan florescent yang bisa membuat mereka berubah warna menjadi hitam apabila terkena sinar ultraviolet. Auuw kayaknya ni hewan harus nyobain produk body-lotion deh, atau gak tabir surya! wkwkwk
  • Walaupun beberapa spesies memiliki mata yang jumlahnya mencapai 10, tetap saja mereka memiliki penglihatan yang buruk.
  • Kalajengking menyukai tempat-tempat yang terbuat dari kain seperti pakaian dan celana. Itulah sebabnya, tempat favorit mereka ketika pertama masuk rumah adalah sepatu!Wah, jangan sampe deh ya, ada kalajengking di celana dalam kalian

Yeah, gue pikir sekian aja laporan acak-adut gue ini. Kalo ada yangg gak ngerti, silakan nanya di comment.. hara dicatat gue gak bisa masukin semua sumbernya. Karena sangat amat banyak sumber yg gue baca. jadi keterangannya cukuplah *dari berbagai sumber.. hweehweheehe >:))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s