HELLOFEST ANIMA EXPO-9

Kami tiba di gerbang masuk area sekitar Gelora Bung Karno  pukul 09:00. Mobil-mobil mengantre panjang sekali sampai keluar ke jalan raya. Rupanya hari itu, tanggal 9 November 2013, ada banyak sekali pameran yang berlangsung, mulai dari Indonesia Book Fair, Indonesia Crafting Fest, Hellofest#9, Indonesia Motorcycle Fest. Waw, pantas saja maceet.

WP

Di sepanjang jalan masuk berjejer spanduk ukuran X-Banner berjejer melambai seperti bendera agustusan yng berdiri dengan tongkat panjang tinggi. Hellofest#9 yang ingin kami kunjungi sebenarnya baru akan buku pukul 10:00. Akan tetapi rupanya pengunjung sudah memenuhi gate sejak pukul 09:00, dan hampir semuanya memakai kostum-kostum mencolok. Tampak sebagian duduk lesehan di trotoar menunggu gate dibuka.

Mobil kami parkir di depan gedung istora senayan tempat pameran buku berlangsung, kami berkeliling dulu di istora, namun rupanya sama, pameran belum buka, stand-stand buku masih kosong. Akhirnya kami memutuskan kembali ke Hellofest di

Komplek Kolam Renang GBK.  Perjalanan dari Istora ke Komplek Kolam Renang lumayan jauh, bahkan kami sempat menonton atraksi motor dari peserta Motorcycle Fest yang kami lintasi di tengah perjalanan ke tempat Hellofest. Pengunjung yang antre untuk membeli tiket di tempat berbaris sangaat panjang, rasanya repot sekali melihat para cosplayer menenteng aksesoris mereka, IMG_6694mulai dari pedang-pedangan, senapan laras panjang. Apalagi yang mengenakan jubah bertudung sesuai karakter yang digandrungi. Sepatu boots bersol 5 cm tebalnya! Topi pesulap yang tinggi. Wig warna-warni ngejreng, dari pink, merah, hijau muda. Weww… wajah mereka dibedaki tebal-tebal, ada yang memakai kontak lens.

Gate masih juga belum dibuka, kami kembali lagi ke Istora Senayan. Syukurlah pameran buku sudah buka. Kami berkeliling sampai ba’da zuhur. Selesai makan siang, sekitar pukul 13:00 akhirnya jadi juga kami ke Hellofest.  Tiba di sana pengunjung yang antre untuk membeli tiket di tempat berbaris sangat panjang. Beberapa pengunjung akhirnya membeli tiket dari calo’ yang berkeliaran di sekitar jalan..  yah untungnya aku udah beli tiket pre-sale di Indomart. Kami tidak perlu bergabung dengan antrian sepanjang ular piton itu. Ada dua gate, di salah satu gate tampak para cosplayer menunggu dibuka, sementara aku dan rombongan segera menuju gate satunya. Struknya kami tukarkan dengan tiket. Sudah ada relawan/panitia yang menyambut, merobek tiket kami dan kami masuk.

Masih di dekat gate, ada papan sebesar reklame menunjukkan denah acara dan keterangan nomornya. Dari situ pengunjung newbie seperti kami bisa memutuskan hendak ke mana dulu. Sebelum ke mana-mana kami berfoto dulu doong di wall-of-fame. Tempat paling diincar biar pamer kalo udah dateng ke hellofest#9. Karena itu pertama kali aku berkunjung ke hellofest aku tidak tau mau ke mana dulu. Hm.. yang kuincar sebenarnya acara nonton 102 film pendek animasi dan non-animasi. Sayang sekali, di rundown-nya baru mulai bagda magrib. Padahal rencana kami di sini Cuma sampai ashar. Akhirnya kami—asal ikutan orang-orang—masuk ke tenda putih raksasa yang rupanya sedang berlangsung acara Battle of Royal Champion. Semua penggemar anime or manga pasti tahulah. INGAT wp5ANIME INGAT.. teman lama di SD. Kami janjian ketemuan di Hellofest#9 ini. Dan katanya temui aku di depan tenda pameran animasi lokal.  Aku balas SMSnya. Oke. Pameran animasi lokal. Walaupun aku belum tahu pasti di mana lokasinya :v.

Setelah nimbrung duduk lesehan menonton penampilan kostummasa di atas panggung yang.. asli deh.. keren-keren banget. ShaniaWP1 WP2 dan Arum, dua temen SMPku yang menggandrungi anime ternganga-nganga. Malah kata Shania jantungnya berdetak lebih kencang saat melintas di samping cosplayer yang berkostum karakter favoritnya. :p maaf sodara.. saya bukan penggemar anime. Jadi yang saya tahu Cuma commonrider😄. Setelah cukup lama mengambil gambar dengan DSLR yang mengalungi leherku. Shania merekam video dengan handphonenya. Arum mengambil gambar dengan kamera poket yang kupinjamkan. Abi-umi yang ikut mengawal para gadis ini jalan-jalan -__- hanya manggut-manggut tersenyum kecil melihat kumpulan “orang aneh” di sekitarnya. Umi malah geleng-geleng kepala. Yap dari situ kami pergi ke tempat pameran animasi lokal. Beuh!

Di sinilah kami terpisah karena harus berbagi space dengan ratusan mahluk lainnya! Tidaak!

Yapyapyap. Tenda tempat pameran animasi lokal disesaki pengunjung. Syukurlah aku berhasil menangkap (dengan kamera) penampakan-penampakan atau booth-booth yang menjual aksesoris keren dan lucu.. aku dan Arum terhenti seperti bocah pongo menonton trailer film Battle of Surabaya yang disetel di booth B.O.S. Battle of Surabaya animasi kartun karya Indonesia yang menceritakan kejadian 10 November di Surabaya pada zaman penjajahan Belanda. Dan.. baru aku sadar BESOKNYA nonton di NetTV ada dua orang yang oh-oh sama persis, sama yang nunggoni  booth B.O.S.  setelah berhasil keluar dari lautan api, eh, manusia. Rupanya tertinggal satu orang. ARUM. Nickey, Azka dan Shania berhasil keluar bersamaku. Abi-Umi sudah lenyap, takwp4 lama tanpa sempat aku heran, Abi SMS, katanya beliau bawa portkey biar langsung pindah ke dalam mobil. Mau ngadem.

Rasanya malas sekali mencari Arum di tengah ratusan orang di dalam tenda. Kami mampir di pojok freshdrink. Minum sebentar sambil berdiri, hah.. rasanya dehidrasi kami sedikit terobati. Akhirnya kami jalan-jalan saja melihat lomba mural/graffiti. Jpret sanawp3 jpret sini. Hingga tak terasa kami kembali berdiri di pintu masuk depan tenda. O-oww karena khawatir Arum kebingungan mencari kami. Aku menelfonnya berulang kali. Tapi, bisa ditebak, gak diangkat T_T. aku mengirim SMS. Jeda agak lama bingung mau ke mana lagi.

Eh? Itu bukannya..?  ya! ITU teman lamaku. Dibilang lama karena yaah.. sekarang aku SMA sementara kami udah gak ketemu lagi dari kelas 4 SD. Mari kuperkenalkan temanku yang jago gambar anime plus ngewarnainnya. Digitial colouringnya udah dewa! Macam komik nickelodeon-nya Avatar Aang. Namanya Hilmi. “Hilmi ya?” UWAA! Dia kaget aku masih inget mukanya. Hilmi dateng dari Cibubur (eh-bener gak?) sama kakaknya. Yaap, tak lama kemudian saat aku dan Hilmi asik mengobrol, Arum nongol membawa tentengan lumayan~.. sepertinya dia membeli komik Re-On. Karena iri aku belum merasa menenteng apapun (kecuali DSLR) akhirnya aku masuk lagi ke tengah lautan manusia. Dan seperti sudah hafal, aku menghampiri booth KDRI. Hallow kaos-kaos keren yang diskoon ^__^. Sayang, yang keren ukurannya gak ada yang pas buatku. Udah ludes duluan kali, tinggal yang S sama XL. Ada sih M.. tapi gambarnya gak sesuai selereku. Walhasil aku ikutan mengaduk-aduk stok baju yang terbungkus dalam plastic bertumpuk di sebuah box besar. Perjuanganku mengaduk-aduk bersama cowok-cowok bau keringet tak akan pernah kulupakaan! Aku sempat heran kenapa jarang terlihat cewek yang antusias liat-liat baju. Ada sih tapi perbandingannya 1:10. Yah, cuek sajalah.

***

WP6Berhasil beli kaos aku langsung mengajak Hilmi dan Kakaknya buat foto bareng temen-temen SMPku di depan wall-of-fame. Setelah itu kami berpisah…, aku dan teman-temanku, adikku dan satu tetangga depan rumah (si nickey itu) hehe.., melihat-lihat stand lainnya. Shania sempat membeli majalah entah apa di Kelontong Sihir. Hiyy.. serba dark, hitam. Keren. Awalnya kami hendak solat asar di musola terdekat. Tapi setibanya di musola kami hanya duduk lesehan. Huf… pegal terasa sekali . gerah.. haus..pegal.. kusut. Tapi semua terbayar dengan oleh-oleh kami. Foto plus barang2 yang kami beli.. iya.. untuk bangkit ngambil air wudhu aja udah males. Padahal kami bukan yang stand by sampai malem. Wuihh. Umi SMS menyuruh kami solat  di Istora aja. Sekalian beliau butuh minjem mukenaku. Wks. Baiklah setelah menghabiskan dua botol air putih kami lanjut lagi.

***

Di gate sebelum keluar kami sempat bertemu.. berikut ini:

wp7

WP8

@WAHYUADITYA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s